Sabtu, 18 Oktober 2014

Corporate Social Responsibility

1. Kasus
    Jenis perusahaan yang telah menerapkan CSR adalah Aqua.

2. Teori
     Pengertian Corporate Social Responsibility adalah memilki berbagai bentuk tanggung jawab terhadap seluruh pemangku kepentingannya, yang di antaranya adalah konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan yang mencakup aspek ekonomi, sosial dan lingkungan.

  Manfaat Bagi Masyarakat
  Program CSR dapat berwujud rekruitmen tenaga kerja dan mempekerjakan masyarakat sekitar. Lebih jauh lagi CSR dapat dipergunakan untuk menarik perhatian para calon pelamar pekerjaan, terutama sekali dengan adanya persaingan kerja di antara para lulusan. Akan terjadi peningkatan kemungkinan untuk ditanyakannya kebijakan CSR perusahaan, terutama pada saat perusahaan merekruit tenaga kerja dari lulusan terbaik yang memiliki kesadaran sosial dan lingkungan. Dengan memiliki suatu kebijakan komprehensif atas kinerja sosial dan lingkungan, perusahaan akan bisa menarik calon-calon pekerja yang memiliki nilai-nilai progresif. CSR dapat juga digunakan untuk membentuk suatu atmosfer kerja yang nyaman di antara para staf, terutama apabila mereka dapat dilibatkan dalam kegiatan-kegiatan yang mereka percayai bisa mendatangkan manfaat bagi masyarakat luas, baik itu bentuknya "penyisihan gaji", "penggalangan dana" ataupun kesukarelawanan (volunteering) dalam bekerja untuk masyarakat

  Manfaat bagi perusahaan
- Meningkatkan Citra Perusahaan
  Dengan melakukan kegiatan CSR, konsumen dapat lebih mengenal perusahaan sebagai perusahaan yang selalu melakukan kegiatan yang baik bagi masyarakat.

- Memperkuat “Brand” Perusahaan
  Melalui kegiatan memberikan product knowledge kepada konsumen dengan cara membagikan produk secara gratis, dapat menimbulkan kesadaran konsumen akan keberadaan produk perusahaan sehingga dapat meningkatkan posisi brand perusahaan.

- Mengembangkan Kerja Sama dengan Para Pemangku Kepentingan
  Dalam melaksanakan kegiatan CSR, perusahaan tentunya tidak mampu mengerjakan sendiri, jadi harus dibantu dengan para pemangku kepentingan, seperti pemerintah daerah, masyarakat, dan universitas lokal. Maka perusahaan dapat membuka relasi yang baik dengan para pemangku kepentingan tersebut.

- Membedakan Perusahaan dengan Pesaingnya
  Jika CSR dilakukan sendiri oleh perusahaan, perusahaan mempunyai kesempatan menonjolkan keunggulan komparatifnya sehingga dapat membedakannya dengan pesaing yang menawarkan produk atau jasa yang sama.

-  Menghasilkan Inovasi dan Pembelajaran untuk Meningkatkan Pengaruh Perusahaan
  Memilih kegiatan CSR yang sesuai dengan kegiatan utama perusahaan memerlukan kreativitas. Merencanakan CSR secara konsisten dan berkala dapat memicu inovasi dalam perusahaan yang pada akhirnya dapat meningkatkan peran dan posisi perusahaan dalam bisnis global.

3. Analisis
    Seperti yang kita ketahui, produk Aqua merupakan produk minuman yang sudah banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Perusahaan yang telah melayani masyarakat kurang lebih hampir 40 tahun ini menggunakan sumber daya alam yakni sumber air bersih langsung dari pegunungan.
   Dan salah satu program Aqua adalah WASH (Water Access, Sanitation, Hygiene Program) tujuan diadakannya program ini untuk memberikan solusi dalam penyediaan air bersih yang ada di Indonesia. Program CSR Aqua yang telah terlaksana sampai saat ini yaitu program “1L Aqua untuk 10L Air Bersih”, yang dimana kita tahu slogan ini adalah ungkapan simbiolis dari perusahaan Aqua untuk memudahkan masyarakat Indonesia mencerna pesan yang ingin perusahaan Aqua sampaikan, artinya setiap 1 liter yang terjual telah membantu 10 liter air bersih untuk 4 kecamatan.

4. Referensi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar