Senin, 13 Oktober 2014

Teori Etika Utilitarian


1.    Kasus
     Jenis usaha yang berada letaknya dekat dengan rumah saya dan memberikan manfaat bagi masyarakat adalah Toko Obat 68.

2.    Teori
Utilitarianisme adalah suatu teori dari segi etika normatif yang menyatakan bahwa suatu tindakan yang patut adalah yang memaksimalkan penggunaan (utility), biasanya didefinisikan sebagai memaksimalkan kebahagiaan dan mengurangi penderitaan. "Utilitarianisme" berasal dari kata Latin utilis, yang berarti berguna, bermanfaat, berfaedah, atau menguntungkan. Istilah ini juga sering disebut sebagai teori kebahagiaan terbesar (the greatest happiness theory). Utilitarianisme sebagai teori sistematis pertama kali dipaparkan oleh Jeremy Bentham dan muridnya, John Stuart Mill.
Etika Utilitarian adalah suatu idea atau faham dalam falsafah moral yang menekan prinsip manfaat atau kegunaan dalam menilai suatu tindakan sebagai prinsip moral yang paling dasar.
Teori Utilitarian mengatakan bahwa suatu kegiatan bisnis adalah baik dilakukan jika bisa memberikan manfaat kepada sebagian besar konsumen atau masyarakat.

3. Analisis
Teori Teori Utilitarian mengatakan bahwa suatu kegiatan bisnis adalah baik dilakukan jika bisa memberikan manfaat kepada sebagian besar konsumen atau masyarakat. Untuk contohnya adalah Toko Obat 68. Toko ini terletak tidak begitu jauh dari rumah saya, berjarak sekitar ±100 meter. Menurut saya, keberadaan Toko Obat 68 ini sangat memudahkan masyarakat yang berada di sekitar lingkungan rumah saya yang ingin membeli obat. Harga untuk obat yang ditawarkan juga sama seperti apotik-apotik besar lainnya. Tetapi kekurangan toko obat ini hanya menjual obat-obat tanpa resep dokter. Selain menjual obat-obat, penjual tersebut juga membuka counter hp dengan menjual berbagai aksesoris hp dan menjual berbagai pulsa isi ulang. Jadi, kehadiran Toko Obat 68 ini sangat bermanfaat bagi masyarakat di lingkungan sekitar rumah saya karena membantu menjualkan obat-obat dan sekaligus menjual berbagai aksesoris hp dan pulsa isi ulang.

4. Referensi

http://id.wikipedia.org/wiki/Utilitarianisme (13/10/14 21.23)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar